Tanggal 3 Januari menjadi hari penting bagi Departemen Agama, yang kini sering  disebut dengan Kementerian Agama. Hari penting yang dimaksud adalah Hari Amal Bakti Kementerian Agama (HAB Kemenag). Dalam peringatannya selalu beriring dengan kegiatan  upacara. Yayasan Pondok Pesantren Darul Falah pun turut serta berpartisipasi memeriahkan HAB Kemenag tahun 2022 ini dengan melaksanakan upacara bendera. Segenap guru, staff, karyawan, dan perwakilan siswa turut serta mengikuti upacara secara khidmat dan lancar di lapangan yayasan Darul Falah, baik MTs maupun MA. Dengan terlaksananya kegiatan, diharapkan Amal Bakti bukan hanya menjadi jargon, nama, atau peringatan semata, namun dapat menjadi semangat baru dalam berbenah dalam memberikan pelayanan dan menjaga NKRI.

Kemenag  Bapak Drs. Atim, M.Pd. I. selaku Pembina upacara menyampaikan, “Departemen agama didirikan bersamaan sebagai tindak lanjut dari kemerdekaan RI, sehingga tahunnya sama.”  Selain itu, Kepala MA Darul Falah yang akrab disapa Bapak Atim juga menyampaikan pesan-pesan bagi para siswa  di bawah naungan Kementerian Agama, “Siswa yang mukim ataupun tak mukim di Pondok Pesantren harus memiliki sikap yang sesuai dengan ajaran agama atau aturan pondok. Sebab nantinya para siswa juga akan menjadi generasi penerus pengabdi  dalam naungan agama.”

Sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan 2 pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Dalam pidato Menteri Agama pada peringatan Hari Amal Bakti ke-76 disebutkan bahwa terdapat kenaikan Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Dengan demikian hal tersebut dapat menjadi salah satu bukti bahwa Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi dan menjadi kementerian yang bersih. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi bagian dari keluarga Kementerian Agama. (nan)

2 thoughts on “Upacara Bersama Yayasan Darul Falah, Memperingati HAB Kemenag 2022”
  1. Semoga KEMENAG Tetap Jaya Dan MTs Darul Falah Tetap Berkembang sesui dg Landasan Pancasila Dan Ahlusunah wa Jamaah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat